RPP K13 MODEL LEARNING CYCLE


TUGAS MICROTEACHING
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
“KEANEKARAGAMAN HAYATI”




 
  






Disusun Oleh :
RIFARA SUCI YULIKA
(15010127)


DOSEN PENGAMPU : Febri Yanti, M.Pd

PENDIDIKAN BIOLOGI
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 (STKIP) PGRI SUMBAR
2018







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA 3 Padang
Mata Pelajaran          : IPA (Biologi)
Kelas/ Semester         : X/ 2
Alokasi Waktu           : 1 x 45 menit
Topik                          : Keanekaragaman Hayati

A.  Kompotensi Inti
B.    Kompetensi Dasar
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
3.1  Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, lingkungan hidup, permasalahan biologi menurut agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dlam pergaulan dunia
3.2  Berperilaku ilmiah  (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, dalam eksperimen dan observasi, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta merupakan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.3  Memahami dan menganalisis tentang keanekaragaman hayati baik tingkat gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan yang ada di lingkungan sekitar dan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia beserta usaha pelestariannya
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
3.4  Menyajikan  keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia, dan usaha – usaha  pelestariannya dalam bentuk laporan tertulis

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Mendeskripsikan konsep keanekaragaman hayati
2.      Membedakan tingkat keanekaragaman gen, keanekaragam jenis, dan keanekaragaman ekosistem
3.      Mendeskripsikan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan usaha pelestariannya
1.      Siswa mampu menjelaskan konsep keanekaragaman hayati melalui model learning cycle
2.      Siswa mampu menjelaskan keanekaragaman keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis dan ekositem beserta menyebutkan contoh masing - masingnya melalui model learning cycle
3.      Siswa mampu membedakan keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem melalui model learning cycle
4.      Siswa mampu mendeskripsikan usaha – usaha pelestarian keanekaragaman hayati melalui model learning cycle

   
E.     Materi Pembelajaran
a.       Fakta :
Beberapa contoh keanekaragaman tingkat gen

Beberapa contoh keanekaragaman tingkat jenis

Beberapa contoh keanekaragaman tingkat ekosistem


b.      Konsep :
·      Konsep Keanaekaragama hayati adalah Keanekaragaman hayati merupakan bentuk/tampilan dari berbagaijenis makhluk hidup yang memiliki ciri tersendiri, meliputi jumlah, ukuran, bentuk, dan warna. Keanekaragaman hayati dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem.
·      Keanekaragaman tingkat gen merupakan keanekaragaman atau variasi yang dapat ditemukan diantara organisme dalam satu spesises seperti perbedaan ciri atau sifat yang ditemukan pada manusia. Contoh perbedaan bentuk mata, hidung, ataupun warna kulit pada manusia.
·      Keanekaragaman jenis (spesies) merupakan keanekaragaman yang ditemukan diantara organisme yang tergolongan dalam spesies yang berbeda, contoh terlihat keanekaragaman jenis pada pohon kelapa, pohon pinang dan juga pada pohon palem, contoh lainnya dalam keluarga kacang-kacangan kita kenal kacang tanah, kacang buncis, kacang hijau, kacang kapri, dan lain-lain.
·      Ekosistem merupakan interaksi antara organisme dengan lingkungannya. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan abiotik. Sekelompok ekosistem daratan pada sebuah benua yang mempunyai struktur dan fisiognomi vegetasi yang sama membentuk bioma. Contoh ekosistem air tawar, ekosistem air laut, dan ekosistem air payau.
·      Keanekaragaman hayati di Indonesia,baik keanekaragaman hewan, tumbuhan dan mikroorganisme memiliki arti yang besar bagi upaya peningkatan kesejahteraan manusia. Namun, perlu upaya pelestarian baik secara insitu maupun eksitu. Pelestarian secara insitu adalah pelestarian keanekaragaman hayati pada habitat aslinya, sedangkan pelestarian secara eksitu adalah pelestarian keanekaragaman hayati di luar habitat aslinya.
Tujuan kelestarian keanekaragaman hayati sebagai berikut:
  1. Menjaga keseimbangan ekosistem dan habitat hewan atau tumbuhan
  2. Melindungi flora, fauna, tanah dan lingkungandari kerusakan dan ancaman kepunahan
  3. Menjaga tingkat keanekaragaman hayati agar tetap tinggi sehinggamampu menopang kehidupanMempertahankan asset Negara berupa potensi sumber daya alam hayati bagi pembangunan berkelanjutan


c.       Prinsip :
Tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan ekosistem) di Indonesia

d.      Prosedur : -

F.      Alokasi Waktu
Beban Belajar
Waktu
Bentuk Kegiatan / Tugas
Tatap Muka (TM)
30 menit
Pembelajaran di kelas dengan model pembelajaran langsung
Penugasan Terstruktur (PT)
10 menit
Mengerjakan latihan di buku paket atau yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
5 menit
Siswa mempelajarai materi selanjutnya di rumah

G.    Metode dan Model Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran         : Learning Cylce
2.      Metode                              : Tanya jawab
  Ceramah
  Diskusi kelompok

H.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Kegiatan
Waktu
Guru
Siswa
Awal
·      Guru mengucapkan salam dan membimbing siswa untuk mengawali proses pembelajaran dengan berdoa
·      Guru mengabsen siswa

·      Guru memberikan apersepsi atau motivasi kepada siswa


·   Guru menuliskan judul pembelajaran dan tujuan pembelajaran

Fase Engagement
·   Guru melontarkan pertanyaan kepada siswa :
1.      Guru mengarahkan siswa agar memperhatikan teman sebangkunya dan bertanya apakah terdapat perbedaan?
2.      Apakah setiap kalian sama atau mirip?
3.      Apakah anak kembar bisa dibedakan?
4.      Darimana kita bisa membedakan anak kembar?
5.      Guru menanyakan apa saja hewan atau tumbuhan yang ada di Indonesia
·   Dari pertanyaan diatas guru mengarahkan siswa untuk mengemukakan pendapat tentang keanekaragaman hayati

·   Siswa menjawab salam dan berdoa sebelum mengawali proses pembelajaran

·   Siswa menanggapi pengecekan kehadiran
·   Siswa menanggapi dan mendengarkan apersepsi atau motivasi yang diberikan oleh guru
·   Siswa memperhatikan judul dan tujuan pembelajaran yang dituliskan oleh guru




·   Siswa memperhatikan teman sebangkunya dan menjawab pertanyaan guru

·   Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
·   Siswa menjawab pertanyaan perbedaan anak kembar
·   Siswa menjelaskan bagaimana cara membedakan anak kembar
·   Siswa menjawab nama hewan atau tumbuhan yang ada di Indonesia yang diketahui

10 menit
Inti

Fase Exploration
·   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan setiap anggota berjumlah 5-7 orang
·  Guru memberikan LDS kepada setiap kelompok
·  Guru mengarahkan pada setiap kelompok untuk mengerjakan dan mendiskusikan jawaban dari soal  LDS yang telah dibagikan
·  Guru meminta siswa untuk menuliskan hasil diskusinya pada LDS masing – masing


Fase Explanation
·   Guru meminta siswa untuk menampilkan hasil diskusi kelompok ke depan kelas
·  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya dan memberikan tanggapan
·  Guru menanggapi pertanyaan dari siswa dalam diskusi

Fase Elaboration
·  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dari materi yang belum di pahami
·  Guru meminta kepada siswa apakah ada yang bisa menjelaskan atau guru menjawab pertanyaan siswa serta memberikan penguatan terhadap konsep materi
·  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang dipelajari
·  Guru meminta laporan tugas diskusi dikumpulkan

Fase Evaluation
·  Guru mengkondisikan kelas ke posisi semula
·  Guru memberikan lembar kuis yang telah di sediakan dan mengarahkan siswa agar mengerjakannya secara mandiri

·   Siswa menanggapi dengan duduk sesuai kelompok yang telah ditentukan

·  Siswa mendapatkan LDS per kelompoknya
·  Siswa mengerjakan dan mendiskusikan jawaban dari soal LDS secara berkelompok
·  Siswa menuliskan hasil diskusi pada LDS yang telah diberikan secara berkelompok




·  Siswa mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya

·  Siswa memberikan pertanyaan dan tanggapan kepada kelompok yang presentasi
·  Siswa mendengarkan penjelasan dari guru




·  Siswa menaggapi atau bertanya tentang materi yang belum dipahami
·  Siswa lain menjelaskan kepada temannya atau siswa mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru sesuai dengan materi yang belum dipahami oleh siswa
·  Siswa menyimpulkan materi yang dipelajari

·  Siswa mengumpulkan hasil laporan diskusi ke guru

 
·  Siswa kembali duduk ke posisi semula dengan rapi
·  Siswa mengerjakan lembar kuis yang telah diberikan secara mandiri
25  menit
Akhir
·  Guru memberikan pekerjaan rumah tentang materi selanjutanya
·  Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah dan salam
·  Guru mendengarkan instruksi tentang pekerjaan rumah yang diberikan
·   Siswa menjawab salam dan berdoa sebelum mengakhiri proses pembelajaran
10
I.       Sumber, Media dan Alat Pembelajaran
·      Sumber :
1.    Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan (Jakarta:Yudhistira,2014)
2.    Biologi untuk Kelas X SMA dan MA (Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas,2009)
3.    Internet
4.    Lingkuangan sekitar
·      Media :
1.      Lingkungan sekitar
2.      Power Point
3.      Internet
·      Alat/Bahan :
Papan tulis, spidol, penghapus papan, laptop, infocus

J.       Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Test Tertulis
b.      Penilaian Kinerja (performance)
c.       Penilaian Kerja Kelompok
2.      Bentuk Penilaian
a.       Melaksanakan kuis
b.      Kemanpuan dalam kerja kelompok/kegiatan diskusi
c.       Kemampuan dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Mengetahui                                                                             Padang,   April 2018
Kepala Sekolah                                                                       Guru Biologi


Yulni, S.Pd                                                                             Rifara Suci Yulika
NIP.196901212003122002                                                    NPM.15010127



Contoh Instrumen
PENILAIAN SIKAP
(OBSEVASI)
Hari/Tanggal               :
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/ 1
Materi/Sub Materi       : Keanekaragaman Hayati

No.
Nama Siswa
Skor
Jumlah Skor
Kritis
Tanggung jawab
Bekerja sama
Teliti
1
Putri Ratna Sari





2
Trisno





3
Dian





4
Fasbir





5
Novrifaldi Candra





6
Fika Juniza Akmal





7
Hayatul Husna





8
Fitri Syahrial





9
Junaidi Saputra





10
Muhammad Rizki





11
Marissa Oktarianti





12
Ilcha Nova Hendri





13
Nelvira Cevinda





14
Riski Saputra





15
Novitriana





16
Zahria Rachmawati





17
Puja Wirahmi





18
Fittri Sunita





19
Yesti Kartika





20
Revi Marlizha





21
Silvia Nita Anggraini





22
Soleha





23
Septa Era Wiria





24
Sri Definky





25
Wetty Sentia Ningsih





26
Eno Afriza





27
Betria Ulfa





28.
Fajri Ori





29.
Megawati





30.
Rasidah






Rubrik Penilaian Sikap
Aspek
Skor
Indikator
Kritis
3
Menunjukan sikap kritis yang besar, antusias aktif dalam kegiatan
2
Menunjukan sikap kritis tahu namun tidak terlalu antuasias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1
Tidak menunjukan antusisas dalam diskusi, sulit terlebat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk teribat
Tanggung Jawab
3
Tanggung jawab dalam menyeesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan berupaya tepat waktu
2
Kurang bertanggung jawab, berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas namun belum menunjukkan upaya perbaikan
1
Tidak bertanggung jawab tidak berupaya sungguh – sungguh dalam menyelesaikan tugas dan tugasnya tidak selesai
Bekerja sama
3
Bekerja sama dalam melakukan percobaan dengan teman sekelompok
2
Kurang bekerja sama dalam melakukan percobaan dengan teman sekelompok
1
Tidak bekerja sama dalam melakukan percobaan dengan teman sekeompok
Teliti
3
Teliti dalam mengamati dan mengolah data pengamatan percobaan dan menyelesaikan soal ulangan
2
Kurang teliti dalam mengamati dan mengolah data pengamatan percobaan dan menyelesaikan soal ulangan
1
Tidak teliti dalam mengamati dan mengolah data pengamatan percobaan dan menyelesaikan soal ulangan
Keterangan
1. Skor Maksimal = 3x4 = 12
2. Nilai = Jumlah skor : 12 x 100
3. Nilai sikap dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut :
            SB       : Sangat baik   (80-100)          C         : Cukup           (60-69)
            B         : Baik               (70-79)           K         : Kurang          (<60)





PENILAIAN KETERAMPILAN
(OBSERVASI)
Hari/Tanggal               :
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/ I
Materi/Sub Materi       : Keanekaragaman Hayati

No.
Nama Siswa
Skor
Jumlah Skor
Penulisan
Kelengkapan Isi
Teliti
1
Putri Ratna Sari




2
Trisno




3
Dian Trisnawati




4
Fasbir




5
Novrifaldi Candra




6
Fika Juniza Akmal




7
Hayatul Husna




8
Fitri Syahrial




9
Junaidi Saputra




10
Muhammad Rizki




11
Marissa Oktarianti




12
Ilcha Nova Hendri




13
Nelvira Cevinda




14
Riski Saputra




15
Novitriana




16
Zahria Rachmawati




17
Puja Wirahmi




18
Fitrri Sunita




19
Yesti Kartika




20
Revi Marlizha




21
Silvia Nita Anggraini




22
Soleha




23
Septa Era Wiria




24
Sri Definky




25
Wetty Sentia Ningsih




26
Eno Afriza




27
Betria Ulfa




28
Fajri Ori




29
Megawati




30
Rasidah





Rubrik Penilaian Keterampilan
Keterampilan Yang diNilai
Skor
Indikator
Penulisan
3
Penulisan sesuai dengan EYD, dan penulisan sangat rapi
2
Penulisan kurang sesuai dengan EYD dan penulisan kurang rapi
1
Penuisan tidak sesuai dengan EYD dan penulisan tidak rapi
Kelengkapan isi
3
Jawaban pada lembaran LDS sangat lengkap
2
Jawaban pada lembaran LDS hanya 2 buah
1
Jawaban pada lembaran LDS  hanya 1 buah
Ketelitian
3
Siswa sangat teliti dalam menjawab dan menganalisis soal
2
Siswa kurang teliti dalam menjawab dan menganalisis soal
1
Siswa tidak teliti dalam menjawab dan menganalisis soal
Keterangan:
1. Skor maksimal         = 3 x 3 = 9
2. Nilai                                    = Jumlah skor : 9 x 100
3. Nilai psikomotorik dikualifikasikan menjadi predikat sebagai berikut :
            SB       : Sangat Baik   (80-100)          C         : Cukup           (60-69)
            B          : Baik               (70-79)           K         : Kurang           (<60)


Rubrik Penilaina Kuis
Kuis =  20 X 5 =100
* 1 soal bobot nilai 20


KUIS
Nama   :........................................
Kelas   :........................................
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara tepat dan benar!
1.      pengertian dari keanekaragaman hayati!
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
2.      Jelaskan tentang keanekaragaman hayati di bawah dan beserta contoh minimal 3 tiap tingkatannya!
a.       Tingkat gen
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
b.      Tingkat spesies
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
c.       Tingkat ekosistem
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
..........................................................................................................................
3.      Jelaskan perbedaan dari keanekaragaman hayati tingkat gen, spesies dan ekosistem!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................


4.      Sebutkan contoh – contoh upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia!
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
5.      Jelaskan upaya – upaya  pelestarian keanekaragaman hayati!
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................


SEMOGA BERMANFAAT DAN MAAF JIKA TERJADI KESALAHAN  :) :)

Comments

  1. buk fara, soleha mau bertanya. apa perbedaan antara keanekaragaman gen dan spesies?

    ReplyDelete
  2. buk fara, mau nanya. model pembelajaran learning cycle ni gimana sintaknya buk ? soalnya saya kurang paham buk

    ReplyDelete
  3. buk fara, ananda masih kurang paham dengan sintaks learning cycle. mohon dijelaskan kembali

    ReplyDelete
  4. buk fara apa-apa saja keanekaragaman hayati

    ReplyDelete
  5. buk fara, jika upaya pelestarian pada keanekaragaman hayati tidak kita lakukan apa yang terjadi buk

    ReplyDelete
  6. buk fara mau tanya buk,apakah keanekaragaman hayati di indonesia sama dengan negara lain buk

    ReplyDelete
  7. ibuk mau tanya,bagaimana keanekaragaman hayati terutama flora di indonesia saat sekarang ini buk
    elfiswahyuni

    ReplyDelete
  8. Buk cantik,safa mau tanya ibu. Apa yg menyebabkan keanekaragaman hayati fi indonesia cukup tinggi buk?

    ReplyDelete
  9. Buk saya mau bertanya, sesuai dengan kemajaun teknologi, banyak keanekaragaman hayati kita punah, menurut ibuk bagaimana cara mengatasinya? ?

    ReplyDelete
  10. Apa contoh Pelestarian secara insitu dan eksitu buk?

    ReplyDelete
  11. Buk saya mau bertanya bagaimana proses terjadinya keanekaragaman tingkat gen buk?

    ReplyDelete
  12. Buk saya mau bertanya bagaimana proses terjadinya keanekaragaman tingkat gen buk?

    ReplyDelete
  13. ibuk mau tanya,bagaimana keanekaragaman hayati terutama flora di indonesia saat sekarang ini buk

    ReplyDelete
  14. Buk bagaimana cara mengatasi keanekaragaman hayati diindonesia tidak diambil oleh negara lain buk?

    ReplyDelete
  15. Buk bagaimana cara mengatasi keanekaragaman hayati diindonesia tidak diambil oleh negara lain buk?

    ReplyDelete
  16. buk mau bertanya buk, apa saja usaha yang dapat kita lakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang terdapat di negara kita agar tingkat kepunahannya tidak bertambah buk ?? - Reni Mustika

    ReplyDelete
  17. Buk, bagaimana cara melindungi flora dan fauna agar tidak punah?

    ReplyDelete
  18. Buk bagaimana cara memebedakan keanekaragaman hayati tingkat gen dan spesies buk??

    ReplyDelete
  19. Buk bagaimana keanekaragaman hayati di Indonesia?

    ReplyDelete
  20. Buk. Saya mau bertanya. Apa perbedaan antara kompleksitas keanekaragaman hayati hewan dan tumbuhan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OSMOREGULASI

ANATOMI TUMBUHAN (JARINGAN PENGUAT)

Perkembangan Hewan Gastrulasi